Tujuan dan Fungsi Koperasi
Modal terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Modal Sendiri
2. Modal Pinjaman
Modal sendiri terbagi menjadi 4 yaitu :
1. Simpanan Wajib
2. Simpanan Pokok
3. Dana Cadangan
4. Donasi
Modal Pinjaman terbagi menjadi 6 yaitu :
1. Anggota
2. Koperasi
3. Bank
4. Lembaga Keuangan Non Bank
5. Obligasi
6. Sumber Lain
Manajemen Koperasi
Elemen-elemenyang terdapat di dalam koperasi :
a. Rapat Anggota
b. Pengurus
c. Pengawas
d. Manajer
e. Partisipasi Anggota
Organisasi Koperasi
Organisasi Koperasi adalah organisasi yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Yang saling partisipatif satu dengan elemen yang lain.
Sistem Pembagian Keuntungan (Sisa Hasil Usaha)
SHU setelah dikurangi dana cadangan, di bagikan kepada anggota sebanding jasa usaha yang dilakukan oleh masing-masing anggota dengan koperasi, serta digunakan untuk keperluan pendidikan perkoperasian dan keperluan koperasi, sesuai ndengan keputusan Rapat Anggota.
a. SHU yang dibagi adalah yang bersumber dari anggota.
b. SHU anggota adlah jasa dari modal dan transaksiusaha yang dilakukan anggota sendiri.
c. Pembagian SHU anggota dilakukan secara transparan.
d. SHU anggota di bayar secar tunai.
Faktor-faktor yang membuat kegiatan koperasi menjadi sukses
1. Status dan motif anggota koperasi.
Anggota sebagai pemilik (owners) dan sekaligus pengguna (user/customers).
Owners : menanamkan modal investasi.
Customers : memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dengan maksimal.
Kriteria minimal anggota koperasi :
a. Tidak berada dibawah garis kemiskinan & memiliki potensi ekonomi
b. Memiliki pola income regular yang pasti.
2. Bidang Usaha (bisnis)
Usaha yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggoat untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.
a. Dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat (bila terdapat kelebihan kapasitas, dalam rangka optimalisasi economics of scale).
b. Usaha dan peran utama dalam bidang seni kehidupan ekonomi rakyat.
3. Permodalan Koperasi
UU 25/1992 pasal 41 : Modal koperasi terdiri atas modal sendiri dan modal pinjaman (luar).
Tujuan dan Fungsi Koperasi Tujuan dan Nilai Perusahaan Bisnis
Theory of the firm : perusahaan perlu menetapkan tujuan. Tujuannya diantara lain :
1. Mendefinisikan organisasi
2. Mengkoordinasikan keputusan
3. Menyediakan norma
4. Sasaran yang lebih nyata
Tujuan Perusahaan :
1. Maxmize profit Maxmize the value of the firm, minimize cost
Koperasi :
1. Berorientasi pada profit Oriented & benefit oriented
2. Landasan oprasional didasarkan pada pelayanan (service at a cost)
3. Memajukan kesejahteraan anggota merupakan prioritas utama (UU No.25, 1992)
4. Kesulitan utama pada pengukuran nilai benefit dan nilai perusahaan
Kontribusi Teori bisnis pada Success Koperasi :
1. Maximization of sales (William Banmold) : usah untuk memaksimumkan penjualan setelah keuntungan yang diperoleh telah memuaskan para pemegang saham (stake holders).
2. Maximiztion of management utility (Oliver Williamson) : penerapan pemisahan pemilikan dan manajemen (separation of management from ownership) dan maksimalisasi penggunaan manajemen.
3. Satisfying Behaviour (Herbert Simon) : di perlukan adanya perjuangan dan usaha keras dari pihak manajemen untuk memuaskan beberapa tujuan yang telah ditentukan, seperti sales, growth market share, dll.
Konsep laba dalam koperasi adalah SHU : semakin tinggi partisipasi anggota , semakin tinggi manfaat yang di terima.
1. Innovation theory of profit : perolehan laba yang maksimal karena adanya keberhasilan organisasi dalam melakukan inovasi terhadap produknya.
2. Managerial Efficiency Theory of profit : organisasi yang dikelola dengan efisien akan meraih laba di atas rata-rata laba normal.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar