WEB BLOG
this site the web

Kasus Gayus Harus Jadi Momen Polri untuk Kembalikan Kepercayaan Publik

M. Rizal - detikNews

Jakarta - Polri harus benar-benar belajar dari kasus suap Gayus Tambunan di Rutan Mako Brimob. Pengusutan secara transparan harus dilakukan. Jangan sampai publik kecewa, citra polisi pun akan semakin terpuruk.

"Gayus Tambunan ke Bali, dan pengakuan berapa 'biayanya', memberi pelajaran berharga (lesson learn) buat Polri. Bila pelajaran berharga itu dikelola dengan baik, benar, dan tepat, akan membantu pembangunan kepercayaaan masyarakat," kata anggota Kompolnas Novel Ali di Jakarta, Selasa (16/11/2010).

Untuk itu perlu dilakukan evaluasi bersama-sama melibatkan DPR, Kompolnas, dan publik untuk mengawasi apakah, kasus suap Gayus itu sekadar penyimpangan perilaku oknum, mantan Kepala Rutan Brimob Kompol Iwan Siswanto beserta 8 anak buahnya.

"Ataukah bagian dari kultur dan sistem pelayanan tahanan setempat, ada uang, tahanan jadi tuan?" tambahnya.

Bila mudahnya tahanan ke luar dari ruang tahanan lewat proses suap, perlu 'dikejar' tuntas, apakah garis komando mengetahui pola kebiasaan bawahan tersebut yang berujung suap untuk 'pembebasan' sesaat tahanan di ruang tahanan Polri.

"Baik di Mako Brimob, di Mabes, Polda, Polres/Polresta, dan Polsek. Sejauh pimpinan petugas yang bersangkutan dapat dibuktikan melakukan pembiaran 'pelarian' dimaksud, khususnya karena suap, mereka juga harus dikenai sanksi. Sebagaimana terhadap Kompol Iwan dan kedelapan anak buahnya. Bila perlu sampai pemberhentian tidak dengan hormat," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies